Senin, 31 Mei 2010

Nissan Skyfiro Inspirasi dari Negeri Jiran




Gambar yang Anda lihat ini Nissan Skyfiro. Sedan empat pintu ini bukan asli produk Nissan, tetapi hasil garapan rumah modifikasi Das Auto di Jakarta Selatan atas permintaan si pemilik, Johan Fardjito.

Dasar mobil ini sebenarnya Nissan Cefiro 1992, namun bodinya sudah mengalami operasi wajah berbentuk Nissan Skyline R32. Makanya, sekarang dinamakan Skyfiro. "Di Malaysia, beberapa Cefiro sudah dimodifikasi ala drift style dan tampilannya dikonversi ke Nissan Skyline R32," tegas Johan.

Ia pilih Cefiro—setelah konsultasi sama teman-teman—lantaran harga lumayan murah. Kebetulan, ada Cefiro teronggok di pinggir jalan dan kondisi bodi masih bagus. Tak banyak omong, mobil ditebus dan langsung dibawa ke Das Auto.

Seperangkat komponen half cut Skyline R32 sudah dipersiapkan sebelum dapat Cefiro. Benda tersebut dapat dari teman yang diimpor oleh temannya dari Malaysia dan proses konversi tidak terlalu sulit, "Tinggal membuat bracket baru di bodi Cefiro agar pas dengan moncong Skyline R32. Setelah terpasang, memang jadi lebih panjang," ujar mahasiswa Lomkokwing University.

Jika depan sudah menyerupai Skyline, tinggal belakang. Bumper dan lampu dari R32 GTR diambil dan dirajut pada bodi Cefiro. Karena beli half cut Skyline R32, maka mesin dan rem sudah termasuk dalam paket. Pemasangan di Cefiro pun tidak mengalami kesulitan, termasuk mesin RB20DET.

Untuk memaksimalkan tenaga, ditambah intercooler buatan Mine's. Meski diakui Johan bahwa pengaruh ke performa enggak terasa langsung. Tetapi, ia berniat nantinya ganti turbo lebih besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar